Senin, 07 November 2011

Nasi Kuning Banjar, Sarapan Wajib di Banjarmasin

KOMPAS.com – Memulai hari berwisata di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, bisa dengan menyantap sarapan nasi kuning khas Banjar.
Tertarik? Datang saja ke Warung Nasi Kuning Andalas di Jl. Perintis Kemerdekaan, Banjarmasin. Lokasinya sangat dekat pusat kota dan ada angkutan umum menuju ke tempat ini.
Sebenarnya, warung nasi kuning ini aslinya bernama “Warung Rahmat”. Tetapi karena lokasinya di dekat Hotel Andalas namanya terlanjur melegenda sebagai warung “Andalas” daripada nama aslinya yaitu “Rahmat”.

Berbeda dengan nasi kuning di Pulau Jawa, nasi kuning di sini lauk pauknya adalah ikan gabus, ayam, dan telur yang dimasak seperti semur. Nasi kuningnya disajikan di atas piring dengan bentuk setengah bulat dan ditaburi bawang merah goreng apabila makan di tempat.
Nasi kuning disajikan terpisah dengan lauk. Lauknya ditaruh di piring kecil tersendiri. Satu porsi nasi kuning hanya Rp 5.000 ditambah lauk ikan gabus jadi Rp 18.000. Jika tambah ayam jadi Rp 16.000 atau tambah telur jadi Rp 10.000.
Hal yang paling khas dari menu ini adalah nasi kuningnya tidak lengket dan mudah dikunyah karena nasinya agak akas dan ambyar bukan pulen seperti di nasi kuning Jawa.
Ciri khas nasi kuning banjar adalah lauk ikan gabus semur yang empuk dagingnya tetapi cukup lumayan banyak durinya. Sehingga makannya harus hati-hati agar durinya tidak tertelan.
Warung nasi kuning  milik Ibu Ruhayah ini sudah 18 tahun melegenda sebagai sarapan wajib bagi tamu yang datang di Banjarmasin. Ibu Ruhayah menjaga sendiri warungnya sekaligus sebagai kasir.
Warungnya sederhana tetapi tamunya datang silih berganti memenuhi meja kayu yang ditata memanjang. Hampir semua kenalan merekomendasikan nasi kuning ini untuk makan pagi di Banjarmasin karena bumbu kunyitnya diyakini alami bukan buatan.
Warung nasi kuning lain yang melegenda di Banjarmasin ada juga namanya Warung Cempaka yang memiliki banyak cabang di Banjarmasin. (Asita DK Suryanto)

Sumber : http://travel.kompas.com/read/2011/11/06/1839125/Nasi.Kuning.Banjar.Sarapan.Wajib.di.Banjarmasin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar